Rabu, 29 April 2009

Saat ini banyak pemula yang mencari-cari bahasa pemrograman apa yang nantinya akan didalami olehnya, hal ini biasanya terjadi pada siswa/i SMU atau mahasiswa/i yang baru masuk Jurusan I.T , ada yang mencari informasi melalui majalah & tabloid computer, buku2 maupun melalui internet.Biasanya para pemula ini akan mengambil jalan pintas (dan benar) yaitu belajar Microsoft Visual Basic, selain lebih mudah di pelajari, banyak tersedia di toko2 buku, tempat untuk bertanya juga banyak dan yang paling penting adalah gampang mendapatkan CD nya… tentu CD bajakan nya, karena jarang (tidak ada) dari para pemula itu yang mau membelinya secara resmi. Bahkan sampai tingkat Mahasiswa/I pun sama… penyakit laten ini kelak akan berlanjut sampai saat kerja karena banyak (walau tidak semua) perusahaan di Indonesia yang memakai CD bajakan.


Trend bahasa pemrograman yang mereka pelajari saat itu belum tentu akan menjadi trend dimasa depan, tapi itulah tantangan bagi para “programmer” untuk terus belajar, belajar dan terus belajar mengikuti perkembangan dunia I.T yang tak ada matinya.Bahasa Mesin yang ribet seperti Assembler digantikan oleh Bahasa Basic, Bahasa Basic yang amburadul digantikan oleh Bahasa Pemrograman Procedural, Functional & Modular seperti Pascal dst dst.. dan yang akhirnya kini trend tersebut mengacu kepada Bahasa Pemrograman Berbasis Objek atau Object Oriented Language (OOP).


Lalu apa benar OOP menguasai pangsa pasar dunia? dan apakah benar semua programmer wajib belajar OOP?Jawabannya iya dan tidak. Tentunya tergantung dari banyak hal, diantaranya adalah dimana dia bekerja, perusahaannya bergerak dibidang apa? Software house? atau Perusahaan umum yang programmer nya hanya butuh Visual Basic standard ? apakah cukup aplikasi Single User, client/cerver atau web? PHP? ASP? .net? dst..
Tapi apakah benar seorang programmer hanya bekerja ( + belajar ) sesuai kebutuhan kantor? Apakah tidak ada niat mengembangkan diri? “Susah mas.. di kantor saya gak ada internet..” atau “Kantor saya pelit Mas.. beli buku aja gak mau, majalah computer aja gak mau langganan..” atau lebih parah lagi “Payah mas.. CD nya aja modal sendiri.. kantor gak mau beli..”. Atau ada juga yang berkata “Percuma.. belajar capek-capek gak ada implementasinya.. proyek sepi..”Bagi kita yang mau mengembangkan diri tentu tak ada batasan untuk terus “ngoprek” baik dikantor maupun dirumah.. langganan majalah atau tabloid computer, ke warnet browsing.. googling informasi terbaru, ikut komunitas bla blabla.Kalau kembali ke trend bahasa pemrograman apa yang akan kita dalami, ada baiknya (mungkin juga benar) kita pelajari bahasa pemrograman yang paling terakhir tentunya.. walau mungkin susah.. yah.. apa bpleh buat, namanya juga korban trend.

Mengacu kepada informasi terakhir index bulan April dari Situs Tiobe, bahasa pemrograman yang paling digemari adalah :

Urutan Bahasa Group
  1. Java SUN + Multi
  2. C Multi
  3. C++ Multi
  4. PHP PHP dan turunannya
  5. VB Basic, VB.NET, Visual Basic.NET, Visual Basic 2008 dll.
  6. Python Python, Jython, IronPython, pypy
  7. C# C#, C-Sharp, C Sharp, CSharp, CSharp.NET, C#.NET, C# 1.0 dll.
  8. Javascript JavaScript, JScript, ECMAScript
  9. PERL Perl, Pugs, PGE, rakudo
  10. Ruby Ruby, JRuby, MetaRuby, Rubinius, YARV, Ruby.NET dll.
  11. Delphi Delphi (.NET) & Kylix, Object Pascal, Free Pascal, Chrom dll.
  12. PL/SQL Oracle
  13. D Exception: 3-D Programming, DTrace
  14. SAS
  15. Pascal Borland Pascal, FPC
  16. Logo
  17. ABAP
  18. RPG
  19. LUA
  20. MatLAB

Dan informasi Bahasa Pemrograman yang paling digemari tahun sebelumnya adalah :
2003 C++.
2004 PHP
2005 Java
2006 Ruby
2007 Python
2008 C



Dari tabel diatas terlihat bahwa Bahasa Pemrograman OOP lebih mayoritas dibanding Non OOP, dan Bahasa berbasis Web (murni) lebih sedikit walaupun saat ini mulai dikembangkan aplikasi multi output bisa ke Web dan bisa pula Client/Server.

Satu hal yang menarik yaitu Bahasa Pascal masih berjaya di dunia pemrograman, mengingat Pascal sudah memasuki 4 dasawarsa masih banyak pemakainya, serta pendatang baru yang belum popular di Indonesia Bahasa LUA.

Pada table juga terlihat bahwa Visual Basic walau dengan segerombolan versinya hanya mampu menduduki peringkat ke 5, bandingkan dengan Bahasa C, walaupun sudah didaur-ulang berkali-kali menjadi JAVA(1), C++ (3) dan C# (7) masih mampu bercokol di posisi ke 2, bahkan turunan “gak resmi” nya pun PHP mampu bertengger diposisi ke 4.

Hal tersebut sangat jelas dan gampang dimengerti? Secara teori (walau pada kenyataannya susah) kalau kita belajar Bahasa C, maka bahasa turunan nya pun akan gampang kita pelajari ( masa sih gampang? Bullshit.. ). Belajar aja sendiri buktikan !

Satu lagi sebagai tambahan,bahwa informasi dari table diatas tersebut tentu tidak (belum tentu) relevan kalau di terapkan di Indonesia. Di Negara yang pembajak software ini terjadi kecenderungan (walau belum terbukti) bahwa kalau mau aman belajar bahasa pemrograman ya belajar saja VB ( +VB .net) !... alasannya sudah saya jelaskan sebelumnya.

Dan satu hal yang pasti adalah banyak perusahaan di Indonesia mempergunakan bahas Visual Basic dikantor mereka. Lihat saja di Koran-koan bahwa 70% lowongan pekerjaan programmer di kantor2 membutuhkan programmer VB (+ VB.net).

Uuupss… jangan senang dulu.. kalau anda melamar pada perusahaan tersebut maka saingan andapun akan antri sepanjang 1 Kilometer, karena sedemikian buuuaaanyaaak penggunanya.. jadi wajarlah bila saingan anda mencari kerja juga suuuaaangaaat buuuaaanyaaak. Jadi pilihlah Bahasa Pemrograman lain sebagai alternative ke 2 atau 3 (kalau kuat) untuk anda kuasai, misalnya C, Delphi atau Java untuk aplikasi client/server dan ASP, PHP untuk yang bebasis web.Sudah cukup? Belum..!Anda juga harus kuasai konsep database.. yah minimal mampu mendesain database untuk aplikasi yang anda buat sendiri.

Database apa sebaiknya yang harus saya kuasai?Kalau mengacu kepada tulisan sebelumnya, bila anda belajar dari produk Microsoft maka otomatis anda akan mempergunakan Microsoft Access atau MS SQL Server.Kalau mau lebih ada tantangan, pergunakan MySQL atau Postgre.. atau Firebird.

Apa benar saya harus beli CD bajakan? hemmm.. sebaiknya jangan, karena saat ini sudah banyak versi gratis dari aplikasi2 tersebut, misalnya untuk produk Microsoft sudah ada versi gratisnya yaitu Express Edition yang mencakup VB 2008 Express, VC++ 200 Express, VC# 2008 Express dan Visual Web Develpoer 2008, dan untuk databasenya anda dapat mempergunakan SQL Server 2008 Express, untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi http://www.microsoft.com/express/product/default.aspx .Untuk penggemar produk Borland (sekarang menjadi milik Embarcadero) silahkan kunjungi http://www.turboexplorer.com/ , anda akan mendapatkan Turbo Delphi, Turbo C++, Turbo Ruby dan Turbo JBuilder, dan untuk mendapatkan database gratisnya silahkan kunjungi https://downloads.embarcadero.com/free/interbase.Versi2 gratis tersebut mempunyai keterbatasan dibanding versi komersialnya, tapi bagi anda sebagai pemula tentu sudah cukup dengan fitur2 yang ada.. nanti kalau sudah “jago”.. beli versi lisensinya ya…

Informasi tambahan lainnya bila anda ingin mencari versi gratis untuk aplikasi Office silahkan kunjungi http://download.openoffice.org/ atau http://id.openoffice.org/ anda dapat mengunduh produk OpenSource yang setara kemampuannya dengan MS Office.

Produk OpenSource lainnya yang dapat anda pertimbangkan antara lain adalah :
Mozilla Fiefox ( Web Browser) dan Mozilla Thunderbird (Email client)
Gaim (multi instant messenger)
ClamWin (Antivirus)
VLC Media Player (audio / video player)
GIMP (GNU Image Manipulation Program)
Bittorrent (P2), MediaWiki, Xvid, PBB, Outfoxed, dyne: bolic, GIMP dll.

Bagi yang mencari alternatif Visual Basic silahkan kunjungi http://gambas.sourceforge.net/, untuk alternatif Turbo Pascal silahkan ke http://www.freepascal.org/ dan alternatif Delphi silahkan lihat http://www.lazarus.freepascal.org/index.php, yang mencari alternatif Ms .net silahkan lihat http://mono-project.com/Main_Page.

Kalau Visio ada ? silahkan kunjungi http://www.osalt.com/visio anda akan mendapatkan beberapa produk alternative Visio OpenSource.Jadi kalau (mau) sedikit lebih kreatif kita tidak perlu membajak.. kecuali kepepet : ) tidak ada alternatif lain sama sekali.

Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih jauh mengenai software/aplikasi OpenSource silahkan kunjungi http://sourceforge.net/ atau http://freshmeat.net/, ingat.. url ke 2 nya bukan .com tapi .net.

Apa itu Client/Server? .net? GNU? OpenSource? Tunggu tulisan saya berikutnya.
Semoga tulisan ringan ini bisa menambah informasi buat semuanya yang akan mendalami dunia IT nantinya.



By Diajeng (+ RW)

8 Comments:

  1. Rojo Warok said...
    wuuiihh...

    banyak belajar... banyak lupa

    sedikit belajar... sedikit lupa

    tidak belajar.. ???
    Diajeng said...
    Lupa Semuanya Pak!!!!!
    Paguyuban Warga Ponorogo said...
    Tidak belajar tidak menjadi apa-apa!!!! alias tidak ada impian dan cita-cia....
    Diajeng said...
    Selalu dan akan selalu belajar.
    Hidup untuk belajar.
    Pasti aku utamakan.
    Arif.Ust said...
    Kunjungan Blog Arifust Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya kalau bisa komentarnya berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://arifust.web.id terima kasih banyak satu lagi kalau mau tuker link masukan saja link teman di Guest Book insya Allah swt besok langsung saya pasang link teman.
    sgenk said...
    Mantep tenan ! ! Aku yo pengen blajar, sinau
    bend said...
    ora teko aq
    susilo99 said...
    thanks very much..

Post a Comment